Rabu, 22 November 2017

Ekstrak Ikan Gabus, Ya Albusmin



Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan tiap orang, karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tapi untuk memiliki tubuh yang sehat itu tidaklah semudah yang kita pikirkan lho. 

Di hari Selasa kemarin (21/11) saya dan rekan-rekan dari komunitas Blogger Mungil mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara Talkshow "Apa Itu Albumin", di Fraser Place Setiabudi, tepatnya di Jardino Resto.

Mendengar kata Albumin rasanya kurang familiar ditelinga orang awam seperti saya ini. Namun dengan menyimak penjelasan dari 3 narasumber yang hadir di acara talkshow ini, saya jadi semakin paham tentang albumin.

Ternyata belum banyak masyarakat yang mengetahui albumin dan manfaat baiknya untuk tubuh manusia. 

Albumin merupakan bagian dari protein plasma darah, yang mampu mengatur tekanan osmotik darah dan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain sebagai pengangkut nutrisi, albumin juga dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan sel di dalam tubuh.

Albumin dapat diperoleh dari protein nabati dan hewani, salah satu contohnya yaitu ikan gabus atau ikan kutuk atau ikan bogo.

Orang-orang tua kita dahulu sering menggunakan ikan gabus/ikan kutuk/ikan bogo untuk mempercepat penyembuhan luka, luka sunat atau khitan, luka sehabis melahirkan, luka bakar dan luka-luka lainnya, bahkan bayi atau anak kecil pun juga sering diberikan ikan ini.

Ikan gabus yang memiliki kandungan kadar albumin paling tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya, karena memiliki kandungan protein (80,55%), Albumin (33,07%), Asam Amino yang lengkap serta mineral penting lainnya.

Daniel Thian (General Manager PT Pharos Indonesia), Chikita Rosemarie (Musisi, Women-preneur), DR. Dr. Taufik Jamaan SpOG (Ahli Obstetri dan Ginekologi dari RSIA Bunda)

Hasil riset dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang mengungkapkan, bahwa kandungan albumin pada ikan gabus paling tinggi dibandingkan dengan sumber albumin yang lain, yaitu 62, 24g/Kg. Sedangkan pada ikan lain atau daging dan telur hanya rata-rata 10g/Kg.

Bukan hanya bayi atau anak kecil atau pun orang-orang yang terkena luka saja yang membutuhkan albumin, ternyata ibu hamil juga sangat membutuhkannya.

"Bayi yang ibunya kekurangan gizi, maka bayinya juga menderita kurang gizi. Akibatnya tumbuh kembang sang bayi akan memgalami hambatan. Ada juga kasus dimana setelah melahirkan kadang ada kondisi ibu-ibu menderita kaki dan tangan bengkak. Hal ini juga dapat disebabkan karena kekurangan albumin. Sedangkan pada orang-orang yang menjalani program kehamilan, kebutuhan albumin juga harus dipenuhi sehingga tidak mengalami edema (akumulasi cairan didalam jaringan yang menyebabkan tangan, pergelangan kaki, dan bagian tubuh lainnya membengkak). Dari sisi suami tidak terlalu berpengaruh tetapi, bagi pasutri yang sedang menjalankan program kehamilan kesehatan fisik suami juga mempengaruhi kualitas spermanya" ujar Dr.Taufik.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT.Pharos Indonesia, Daniel Thian, menjelaskan bahwa PT.Pharos Indonesia telah berhasil mengembangkan dan memasarkan produk-produk inovatif di Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara selama 40 tahun kehadirannya. 

Salah satu produk inovatifnya adalah Albusmin"Albusmin adalah ekstrak ikan gabus yang mengandung kadar protein tinggi, albumin, asam amino dan mineral penting lainnya" kata Daniel. 

Albusmin dapat dikonsumsi mulai dari anak kecil hingga dewasa, untuk seluruh keluarga. Albusmin dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau, sesuai dengan kualitas dan komposisi bahannya. Untuk pemakaian bisa disesuaikan dengan kebutuhan tiap anggota keluarga. 

Chikita Rosemarie juga berbagi pengalamannya ketika beliau divonis mengalami pre-eklamsia. Padahal beliau termasuk perempuan yang sangat care terhadap kesehatan diri sendiri. "Kita hidup di masyarakat dimana pre-marriage check-up seringkali dianggap tabu. Cuti hamil dan menyusui dianggap sebagai bagian ketidakproduktifan. General check-up dianggap sebagai pemborosan. Bahkan, stress dianggap sebagai bagian integral dari kehidupan manusia, self-care dan health-consciousness itu menjadi bagian dari "act of rebellion" terhadap pandangan masyarakat yang kolot, kaku dan tidak pro terhadap kesehatan" jelas Musisi cantik dan Women-preneur ini.

Sadar betul bahwa kesehatan diri sendiri sangatlah penting, Chikita Rosemarie pun mengajak seluruh masyarakat, khususnya para perempuan untuk lebih peduli dengan kesehatan dirinya sendiri dan keluarganya.

Sehat itu mahal, dan lebih baik mencegah daripada mengobati. Hidup sehat adalah impian tiap orang, dengan hidup sehat maka jiwa kita pun akan kuat.


Salam Sehat Albusmin.

Continue reading Ekstrak Ikan Gabus, Ya Albusmin

Jumat, 17 November 2017

Buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 : Kemajuan Bisnis Koperasi Di Era Digital


Koperasi sebagai soko guru perekonomian mempunyai sejarah panjang di Indonesia. Bayang-bayang suram usaha koperasi yang selalu berkonotasi negatif (hanya menunggu kredit murah dan bantuan modal) serta hanya sekedar kelas pinggiran, ternyata sudah bisa ditinggalkan. 






Kini bisnis koperasi sudah masuk ke dalam usaha skala besar dan tidak kalah kinerjanya dengan usaha besar swasta. Sebagai salah satu bukti nyatanya, bahwa saat ini sudah ada koperasi yang mampu memdulang aset lebih dari Rp.7 triliun dan volume usaha lebih dari Rp.5,7 triliun.

PT. Berkah Dua Visi yang memayungi Majalah Peluang, pada kesempatan ini mempersembahkan peluncuran buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 karya Irsyad Muchtar, selain sebagai penulis beliau juga sebagai pemred www.majalahpeluang.com serta pengamat perkoperasian.

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga selain melaunching buku 100 KBI, juga menyerahan penghargaan kepada 13 koperasi sebagai pengelola Aset Terbesar, Volume Usaha Terbesar, CSR Terbaik dan IT Terbaik.


 Koperasi yang meraih 3 penghargaan adalah :
  1. Kopdit Lantang Tipo, sebagai koperasi kredit dengan Aset, Volume Usaha dan IT Terbaik.
  2. KSPPS UGT Sodogiri, sebagai koperasi syariah dengan Aset, Volume Usaha dan IT Terbaik.

Koperasi yang meraih 2 penghargaan adalah :

  1. Koperasi Setia Bakti Wanita Surabaya, sebagai koperasi konsumen dengan Aset Terbesar dan IT Terbaik.
  2. Kisel Jakarta, sebagai koperasi fungsional dengan Volume Usaha Terbesar dan IT Terbaik.
  3. Kospin Jasa Pekalongan Jawa Tengah, sebagai koperasi simpan pinjam dengan Aset dan Volume Usaha Terbesar.
  4. Koperasi Pusat Susu Bandung Utara Lembang, sebagai koperasi produsen dengan Aset dan Volume Usaha Terbesar.

Koperasi yang meraih 1 penghargaan adalah :
  1. Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia, sebagai koperasi syariah dengan CSR Terbaik.
  2. Koperasi Astra Internasional, sebagai koperasi fungsional dengan CSR Terbaik.
  3. Koppas Srinadi, sebagai koperasi konsumen dengan Aset Terbesar.
  4. Kopdit Keling Kuman Sintang Kalbar, sebagai koperasi kredit dengan CSR Terbaik.
  5. Koperasi Agro Niaga Jabung Malang Jawa Timur, sebagai koperasi produsen dengan CSR Terbaik.
  6. Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama Bogor Jawa Barat, sebagai koperasi simpan pinjam dengan IT Terbaik.
  7. Healthcare Mandiri Jakarta, sebagai koperasi fungsional dengan Aset Terbesar.

Irsyad Muchtar sebagai pemimpin umum Majalah Peluang, mengatakan bahwa "Kemampuan koperasi untuk tanggap dengan perubahan teknologi yang berkembang kini juga menggembirakan. Hampir semua koperasi besar, kini familier dengan teknologi informasi. Banyak koperasi yang membangun jaringan usahanya berbasis digital dan melakukan transaksi online sebagaimana layaknya perbankan."

Namun sejumlah koperasi besar juga mengalami kendala, salah satunya adalah mengenai pajak. Pajak yang dikenakan terhadap koperasi dinilai kurang adil, antara lain penarikan pajak dari SHU yang tidak wajar.

Momen yang sangat tepat sekali bagi para pengurus dan pengelola Koperasi Besar ini yang secara langsung bisa membahas dan mendiskusikan kendala-kendala yang mereka hadapi. Karena acara launching Buku 100 Koperasi Besar Indonesia ini dihadiri juga oleh Direktorat Pajak Kementrian Keuangan.
Acara talkshow dan diskusi yang dipandu oleh Dedi 'Miing' Gumelar menjadi semakin meriah dengan adanya dialog interaktif dari para tamu undangan.

Sebagai Ketua Pelaksana acara Launching Buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017, Yuni Hegarwati mengungkapkan, bahwa ini ketiga kalinya buku tersebut diterbitkan dan dapat menjadi referensi dalam memahami bisnis.

"Melakukan kunjungan ke berbagai koperasi besar dan hasilnya adalah sebagaimana kita saksikan. Ini juga berkat kerjasama yang baik dengan beerapa pihak," ujar Yuni di kesempatan ini. 



Salam Sukses 100 Koperasi Besar Indonesia.
Continue reading Buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 : Kemajuan Bisnis Koperasi Di Era Digital

Senin, 06 November 2017

Smart Mom, Happy Mom : Karena Ibu Wajib Bahagia

Ibu adalah mahluk unik yang Allah SWT ciptakan, dengan segala keunikannya seorang ibu bahkan kerap diartikan sebagai malaikat.

Seorang ibu, mama, emak, mbok, ummi, bunda, mami dan masih banyak lagi sebutan yang mewakili betapa berartinya sosok seorang ibu dalam keluarga.

Sabtu lalu (28/10), saya dan tim Blogger Mungil, berkesempatan menghadiri acara launching buku Smart Mom, Happy Mom karya seorang ibu cantik, Bety Kristianto.

Launching buku Smart Mom, Happy Mom


Bety Kristianto




Mbak Bety Kristianto sebagai seorang mantan wanita karier yang multitalenta, juga seorang koki handal untuk keluarganya ini sangatlah pandai merangkai kata. 

Buku setebal 138 halaman yang diterbitkan oleh Penerbit Andi, berisikan pengalaman suka dan duka yang dialami mbak Bety. Gaya bahasanya yang sederhana, tidak mengada-ada dan kekinian membuat kita sebagai pembaca merasa tidak sedang digurui. Bahkan serasa sedang menyimak curhatan mbak Bety sebagai seorang ibu.

Untuk menjadi fulltime mom tidaklah mudah bagi mbak Bety, beliau membutuhkan waktu dan proses selama 1 tahun untuk bisa bertransformasi, dari yang awalnya seorang wanita karier menjadi ibu rumah tangga biasa. 

Banyak perempuan yang terkungkung dirumahnya sendiri karena perubahan status pekerjaan. Begitu pun yang dirasakan mbak Bety, 

"Otak perempuan bisa diibaratkan seperti semangkuk bakmi, karena perempuan bisa melakukan aktivitas dan berfikir secara bersamaan" ujar smart mom yang telah dikaruniai 2 orang anak laki-laki ini. 

Sosok Smart Mom, Happy Mom yang ada pada buku ini terwakili oleh pribadinya yang ramah, cerdas, supel dan cekatan.

Kegiatan atau aktivitas keseharian yang ibu lakukan terkadang bisa membuat mood dan perasaan ibu bergejolak. Senang, bahagia, sesih, jengkel, marah, stress, selalu datang silih berganti. Karenanya seorang ibu harus pintar mengatur waktu, yang berawal dari dirinya sendiri, melakukan apa yang bisa membuatnya. 

Seorang ibu akan bahagia jika, punya mindset untuk selalu :
Berfikir positif,
perasaan gembira dan energik yang dimiliki seorang ibu yang bahagia akan menular kepada anak-anak serta anggota keluarga yang lainnya.

Luangkan waktu untuk diri sendiri,
sesibuk apapun, luangkanlah waktu untuk memanjakan diri sendiri, setidaknya seminggu sekali, walaupun hanya sebentar.

Susunlah prioritas pekerjaan,
banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan seorang ibu, terkadang tidak semua bisa diselesaikan sesuai jadwal, sebaiknya ibu membuat prioritas pekerjaan, manakah yang lebih penting dan minta bantuan orang lain jika tidak bisa mengerjakannya sendiri, baik itu pekerjaan kantor maupun rumah.


Meet&Greet yang diselenggarakan oleh Gramedia Central Park ini dihadiri oleh para tamu undangan yang kebanyakan adalah ibu-ibu yang sangat antusias sekali mengikuti acara dari awal hingga akhir. Apalagi dengan hadirnya komunitas EPing.

Komunitas EPing adalah sebuah komunitas sahabat ibu menyusui. EPing merupakan singkatan dari Exclusive Pumping atau memerah asi secara eksklusif (tidak menyusui langsung sama sekali). Wah ternyata banyak sekali manfaat baik dari EPing ini, terutama disaat acara berlangsung komunitas EPing banyak sekali memberikan hadiah untuk para ibu tamu undangan...seruuuuu.



Jadilah seorang ibu yang bahagia, karena ibu wajib bahagia dengan segala kelebihan yang Allah SWT berikan.



Salam semangat untuk para smart mom.

Continue reading Smart Mom, Happy Mom : Karena Ibu Wajib Bahagia